Ihwal

Ihwal Diri

Lahir di Garut, Jawa Barat. Menghabiskan masa kecil dan remaja dengan nyantri di Pesantren Tarbiyatul Banin, Kaliwadas, Cirebon, Jawa Barat dan Pesantren Al Hikmah Benda, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah. Menikmati dunia  mahasiswa dengan mengaji di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Pada 2008-2009 menjadi kontributor majalah Madina (alm.)di samping menjadi penerjemah dan penyunting lepas. 2010-2012 berkhidmat di Penerbit Zaman sebagai editor in-chief. Sekarang menjalani keseharian sebagai penyunting dan penulis lepas.

Ihwal Laman

Sufi mengistilahkan orang yang mendaki perjalanan spiritual menuju sang khalik dengan salik. Sebagian orang memaknainya dengan pejalan; dari akar kata salaka, berjalan. Seorang salik meniti jalan menuju Tuhan. Namun, saya cenderung mengartikannya dengan pengembara. Lebih mengena. Lebih menggambarkan suasana sebenarnya.

Istilah salik mengandaikan kondisi yang jauh dari mapan. Seorang salik sejati adalah dia yang senantiasa mencari, senantiasa berikhtiar. Dan, di situlah seni kehidupan. Dalam mencari, dalam berikhtiar terkandung pesan yang sangat jelas: kehidupan bukan sesuatu yang langsung jadi. Ia merupakan proses. Sejatinya, entah senang ataupun tidak, proses itu tetap berlaku atas setiap yang bernyawa.

Saya, tentu saja, bukan seorang sufi (kecuali sufi sebagai akronim, suka film). Juga bukan salik. Saya meminjam istilah itu karena saya merasa cocok dengan semangatnya. Dengan memakai istilah itu, saya mencoba menjauhkan diri dari kepuasan belajar, berkarya, melakukan sesuatu yang (semoga) berguna.

Dan, melalui laman ini saya turut mengikuti proses kehidupan saya. Menjadi pengembara.

Tabik

Muhammad Husnil

@emhusnil | mhd.husnil@yahoo.co.id | emhusnil@gmail.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s